Friday, January 1, 2016

Cara Bermain Game Android Dengan Memory/RAM Yang Terbatas

Di blog ini saya akan membahas tentang cara bermain game android untuk untuk teman-teman yang ingin bermain game yang membutuhkan memory internal yang sangat terbatas dan RAM yang kurang mencukupi. jangan terburu-buru membeli smartphone yang baru, kalo mau beli yang baru yang bekas kasih ke ane aja karena ada cara buat mengatasi memory internal dan RAM yang sangat terbatas langkah-langkahnya sebagai berikut:


1.ROOT Sistem android anda

   



  • Download dan Install aplikasi Framaroot di Android kamu.
  • Buka Framaroot-nya, kemudian pilih SuperSU/Superuser sesuai dengan keinginan kamu.
  • Akan ada pilihan Aragorn dan Gandalf. Sebenarnya kedua pilihan tersebut bisa untuk melakukan root, tapi Jaka menyarankan agar memilih Gandalf.
  • Tunggu sebentar hingga semua proses selesai. Jika notifikasi ini sudah muncul, tandanya kamu sudah berhasil melakukan root.
  • Restart Android, lalu pastikan aplikasi SuperSU atau Superuser muncul di drawer kamu.
  • Jika belum berhasil coba download aplikasi root yang sesuai dengan versi android di smartphone kamu

  • 2. Download Aplikasi Link2SD di Google playstore

       Fungsi Link2SD adalah dapat memindahkan game/aplikasi yang umumnya tidak dapat dipindahkan ke memory eksternal, befungsi jika smartphone anda sudah di root
    #Pertama
    Install link2sd beserta link2sd plus untuk membuka lisensi supaya semua fitur bisa digunakan. Jika kesulitan karena faktor berbayar, sobat bisa cari link2sd free versi 3.7.3 lalu patch menggunakan luckypatcher untuk membuka fitur plusnya.

    #Kedua
    Buka link2sd dan klik menu pojok kiri atas lalu pilih "Buat ulang script pemasangan". kemudiah pilih Jenis file sistem partisi yang kedua yaitu "ext2" dan tekan OK. Nanti muncul notification, pilih saja Restart untuk menyelesaikan pemasangan scriptnya.

    Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Menggunakan Link2SD Plus

    #Ketiga
    Masuk lagi ke link2sd, cari dan pilih aplikasi yang akan dipindahkan. Kemudian klik tombol "Membuat link". Dan ceklis semuanya meliputi aplikasi, dalvik-cache, library, dan internal data. Disitu juga terlihat icon gembok terbuka menandakan link2sd sudah menjadi plus. Jika sudah klik OK dan tunggu sampai proses pemindahan selesai.

    Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Menggunakan Link2SD Plus

    Ciri-ciri sebuah aplikasi yang sudah terpindahkan akan terdapat tanda seperti ini ( -> ). Dan jika sobat perhatikan dibagian Info Penyimpanan akan terlihat kapasitas pemakaian Partisi ke-2 sd card bertambah banyak.

    Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Menggunakan Link2SD Plus

    Lakukan seperti cara diatas untuk aplikasi yang lainnya. Dan jika sobat ingin semua aplikasi yang nanti akan terinstall otomatis dipindah, maka bisa disetting sendiri, caranya:
    • Masuk menu pengaturan yang ada dipojok kanan atas dan beri ceklis dibagian Otomatis Link-kan.
    Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card Menggunakan Link2SD Plus

    Perlu diketahui bahwa link2sd beroprasi membuat link ke partisi kedua dengan format yang tidak bisa terbaca langsung di manager penyimpanan maupun pengaturan manager aplikasi bawaan perangkat. Jadi untuk mengetahui data-data yang asli, sobat bisa melihatnya langsung didalam aplikasi link2sd, termasuk juga informasi penyimpanan partisi kedua.


    Fungsi: ANDA DAPAT MEMINDAH SEMUA GAME/APLIKASI KE MEMORY EKSTERNAL ANDA TANPA TAKUT MEMORY INTERNAL PENUH

    3. Download Ram Expander di Google playstore
          Ram Ekspander berfungsi untuk menambah kinerja /menambah RAM smartphone dengan memanfaatkan SD card memory sebagai ram tambahan.

    1. siapakan terlebih dahulu alat dan perlengkapanya seperti,
    2. instal aplikasi RAM expander yang telah saya sebutkan di atas untuk versi gratisnya instal disini


    7 Cara Menambah RAM Android dengan RAM Expander


    3. jika sudah kita lanjut ke langkah selanjutnya yakni membuka aplikasi RAM expander yang telah anda instal dan pilih SDcard direktory yang akan anda buat sebagai RAM tambahan.

    4. pada tahap awal ini isilah berapa besar size MB sesuai keinginan anda. contoh jika anda mengisi dengan nilai 500 maka nilai memory menjadi 300+500 = 872 MB (Real RAM O2x). atau jika tidak ingin ribet anda bisa memilih Optimal Value yang ada di pojok kiri bawah. maka secara otomatis sistem aplikasi akan mendeteksi ukuran maksimal dari microSD tersebut.

    5. sekarang kita lihat swappines dan isilah yang cocok berdasarkan smartphone anda karena tiap smartphone berbeda kecocokanya. rentang ukuranya sendiri antara 0 - 100.

    6. jika swappines dan Size MB sudah terisi sekarang anda langsung saja tekan Swap Active. mungkin proses ini akan memakan waktu yang cukup lama dan tidak disarankan untuk mengclose aplikasi ketika swap file ini sedang berjalan karena bisa menyebabkan hp anda menjadi ngelag atau ngehang.

    7. jika proses telah selesai akan muncul sebuah data di layar dan selanjutnya mencentang AutoRunagar proses ini bisa berjalan secara otomatis dan anda tidak perlu repot melakukanya berulang-ulang.

    Fungsi: AGAR GRAFIS GAME BERTAMBAH DAN TIDAK NGELAG




    Semoga tips tersebut bermanfaat

    #terimakasih

    2 comments: